Iklan

Saturday 1 October 2016

Cara Tepat Mengatasi Jantung Berdebar Debar

Jantung berdebar adalah sensasi ketika jantung Anda terasa berdegup sangat kencang. Pada situasi tertentu, jantung berdebar dapat menjadi tanda penyakit jantung. Namun secara umum kondisi ini tidaklah berbahaya dan hanya terjadi sesekali karena banyak penyebab. Tetapi jika jantung anda sering berdabar debar tanpa ada sebabnya, itulah yang menjadi sebuah tanda tanya besar. Karena debar jantung orang normal biasanya kisaran 60 sampai 100 detakan per menitnya.
 Berikut adalah beberapa tips cara tepat mengatasi jantung berdebar-debar :
1.  Duduk dan Angkat Kaki Menjadi Lebih Tinggi dari Jantung
Sesaat Anda menyadari jantung Anda bedetak tidak seirama, cobalah lakukan ini :
§ Duduk dan angkatlah kaki Anda lebih tinggi dari jantung.
§ Tarik nafas dalam dan perlahan, biarkan rongga perut Anda membesar seiring dengan setiap helaan nafas.
Tanpa Anda sadari, posisi ini sebetulnya membuat Anda sedikit rileks. Namun pada prinsipnya, posisi ini bertujuan untuk kembali melancarkan peredaran darah dan membantu jantung menyesuaikan kembali iramanya kesediakala. 
2 Lakukan Manuver Valsalva
Jika irama ireguler tersebut kian berlanjut, cobalah melakukan manuver Valsalva. Apa itu manuver Valsalva? Ikuti panduannya sebagai berikut:
§ Pencet kedua hidung Anda
§ Tutup mulut Anda dan cobalah untuk mengeluarkan nafas.
Tindakan ini di dalam medis disebut manuver Valsalva. Dimana dalam hal ini dapat meningkatkan tekanan darah Anda sesaat dan membantu ‘mereset’ jantung Anda.
3 Minum Air Dalam Jumlah Banyak
Walaupun belum dapat dibuktikan secara penelitian medis, namun dari beberapa testimoni orang telah mendapati cara ini cukup ampuh dan instan membantu mengatasi jantung berdebar. Salah satu teorinya adalah air yang ditelan dapat mengakibatkan kerongkongan ‘menekan’ jantung dan dapat membantu mengembalikan irama jantung yang semula berdebar.
4.  Olah Stres
Jika Anda mengalami berdebar-debar, hal tersebut seringkali dikarenakan oleh stres.Berdebar-debar atau palpitasi dapat menjadi suatu cara tubuh untuk ‘memberitahu’ bahwa level stres Anda sudah di atas rata-rata. Hal tersebut ialah wajar adanya, untuk itu cobalah untuk senantiasa meluangkan waktu setidaknya 30 menit per hari untuk menenangkan pikiran Anda.
5.  Cukupi Jam Tidur
Cobalah tidur dengan teratur setidaknya 8 jam setiap hari. Karena kelelahan juga dapat menjadi faktor pencetus irama jantung yang ireguler. Sesuaikan jam tidur Anda dengan kebutuhan Anda. Pasalnya tidak setiap orang memiliki patokan yang sama 8 jam seharinya, tergantung dari kelompok usia dan kondisi biologis yang ada. Contohnya jika pada balita dibutuhkan waktu tidur 9 sampai 10 jam, beda dengan pria dewasa. Yakni sekitar 7 sampai 8 jam tidur seharinya.

No comments:

Post a Comment