Iklan

Saturday 1 October 2016

Fetoscopic laser Photocoagulation untuk penanganan twin to twin transfusion syndrome

Fetoscopic laser Photocoagulation untuk penanganan twin to twin transfusion syndrome

Apa yang dimaksud dengan twinto twin transfusion syndrome?
Adalah janin kembar identik yang berasal dari satu sel telur dimana pembuluh darah janin A bersatu dengan pembuluh darah janin B sehingga terjadi aliran darah yang tidak seimbang diantara keduanya.

Apa dampaknya pada janin?
Salah satu dari janin akan mengalami kekurangan aliran darah dan janin yang satunya akan mengalami kelebihan darah
Apa tanda tanda pada janin selama dalam rahim?
Tanda awal adalah salah satu janin yang kekurangan aliran darah akan mengalami pengurangan air ketuban sampai < 2 cm dalam satu ruangan selaput ketuban, sedangkan janin yang kelebihan aliran darah akan mengalami penimbunan air ketuban sampai > 8 cm dalam satu pengukuran.
Selain itu tanda apalagi pada janin pemberi darah (Donor)?
Jika tidak dilakukan tindakan apa apa janin pemberi darah (donor) akan kekurangan air sehingga kandung kencing tidak terisi air, dan berlanjut kepada gangguan tekanan darah (RI= Resistensi Indeks), jika belum juga dilakukan tindakan janin donor akan meninggal
Bagaimana dengan keadaan janin penerima darah?
Janin yang menerima darah akan mendapatkan air yang banyak sehingga akan menghasilkan kencing yang banyak yang selanjutnya akan mempunyai air ketuban yang berlebihan yang dapat merangsang kontraksi rahim dan terjadi persalinan prematur.

fetoscopic-2
Apa bahayanya jika janin mendapat aliran darah yang berlebihan?
Keadaan lain adalah beban jantung janin akan menjadi lebih berat sehingga dapat menyebabkan kegagalan jantung sehingga cairan akan menumpuk diseluruh badan janin sehingga tampak janin membengkak (Hydrops), selain dari pada itu jantung janin akan dipaksa bekerja berat sehingga dapat menyebabkan kegagalan jantung janin yang menyebabkan kematian janin dalam kandungan.
Berapa kemungkinan terjadi kematian janin dalam kandungan jika tidak dilakukan tindakan?
Hampir seratus persen kedua janin akan meninggal dalam kandungan.
Apa tanda tanda pada ibu?
Ibu yang mempunyai kehamilan kembar identik akan mengalami perbesaran perut yang progresif dan mendadak dalam beberapa minggu.
Apakah yang dapat dilakukan ibu hamil kembar pada awal kehamilan?
Ibu hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan kehamilan setelah terlambat haid, karena untuk mendeteksi kehamilan kembar satu sel telur atau 2 sel telur yang terbaik pada usia kehamilan 6-10 minggu.
fetoscopic-3
Kapan dapat dilakukan pemeriksaan plasenta?
Pada 3 bulan pertama, pada awal kehamilan adalah dengan melihat berapa kantong kehamilan, selain itu dapat dilihat dari bentuk sekat pembagi plasenta apakah seperti huruf “T” atau huruf lambda “λ”.
fetoscopic-4
Apa tindakan yang terbaik untuk penanganan Twin to twin transfusion syndrome?
Pemutusan hubungan pembuluh darah yang bersatu antara bayi A dengan bayi B, yaitu dengan cara membakar pembuluh darah yang berhubungan sehingga tidak terjadi aliran darah yang tidak seimbang.
Berapa angka keberhasilannya?
Dari beberapa tindakan yang telah dilakukan diluar negri adalah 80% satu atau kedua bayi dapat selamat.
Dimana dapat dilakukan?
Saat ini RSAB Harapan Kita dalam pengembangan penanganan kasus ini, namun diperkirakan tahun 2015 sudah dapat dilakukan di RSAB harapan Kita Jakarta

No comments:

Post a Comment