Iklan

Saturday 1 October 2016




MENGUKUR TEKANAN DARAH


Setelah mengetahui klasifikasi tekanan darah, langkah yang bisa diambil adalah periksakan bagaimana tekanan darah. Di rumah Anda bisa mengecek tekanan darah dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah digital.




Hal yang harus diingat:



Saat melakukan pengukuran hendaknya Anda menghindari aktivitas fisik seperti olahraga, merokok, dan makan minimal 30 menit sebelum pengukuran serta hindari saat kondisi stres. Dan juga duduk dengan tenang setidaknya 5-15 menit sebelum pengukuran dan pengukuran sebaiknya pada kondisi tenang dan posisi duduk. Untuk posisi kaki lebih baik tidak menyilang tapi keduanya menyentuh lantai. Letakkan lengan kanan responden di atas meja sehingga manset yang sudah terpasang sejajar dengan jantung Anda. Sisingkan lengan baju pada lengan bagian kanan atau kiri Anda dan tetap duduk tanpa banyak gerak.


Cara Mengukur Tekanan Darah
  1. Masukkan ujung pipa manset pada bagian alat.
  2. Perhatikan arah masuknya perekat manset.
  3. Pakai manset, perhatikan arah selang. (lihat gambar)
  4. Perhatikan jarak manset dengan garis siku lengan ± 1-2 cm
  5. Pastikan selang sejajar dengan jari tengah, dan posisi lengan terbuka ke atas.
  6. Jika manset sudah terpasang dengan benar, rekatkan manset.
  7. Biarkan lengan dalam posisi tidak tegang dengan telapak tangan terbuka ke atas. Pastikan tidak ada lekukan pada pipa manset.
  8. Ikuti posisi tubuh.
  9. Tekan tombol "START/STOP" untuk mengaktifkan alat maka alat akan mengukur secara langsung.
  10. Jika pengukuran selesai, manset akan mengempis kembali dan hasil pengukuran akan muncul. Alat akan menyimpan hasil pengukuran secara otomatis.
  11. Tekan "START/STOP" untuk mematikan alat.






No comments:

Post a Comment